Assalamualaikum, ane mau sharing sedikit tentang pengalaman ane pasang baru PLN via Online. Lokasi di Kotabaru Jambi.
Jadi ceritanya ane baru beli rumah lelang, walaupun ngomongnya baru beli tapi rumahnya sama sekali ga baru :)
Yah namanya rumah lelang pasti banyak aja masalahnya, wong yang mpunya aja bermasalah makanya bisa sampe dilelang. Dari mulai PBB nunggak, PAM nunggak, sampe yang bikin gedek meteran PLN nya yang udah dicabut, ya karena nunggak juga.
Ok, PBB udah beres, cari-cari dikantor lurah akhirnya ketemu no pbb nya tinggal dibayar deh. PAM mah ga masalah ternyata ada sumur di belakang rumah. Yang terakhir ini yang bikin ruwet no PLN nya ga ketemu. Dicari-cari di dinding, pintu,jendela ga ketemu juga nomornya, tanya tetangga pun juga ga tau.
Untungnya ane ada kenalan instalatir PLN (ga tau untung apa ga sebenernya), akhirnya kami pun janjian untuk langsung survey ke lokasi. Setelah di survey dia bisa bantuin pasang dengan biaya 1,8jt. Ane ok-in aja soalnya cek di website PLN untuk daya 1300 biaya pemasangan sekitar 1.249.000 belum sama biaya SLO dan tetek bengek lainnya.
Beberapa hari kemudian si instalatir nelp, dan katanya rumah itu ada tunggakan listrik sebesar 1.300.000 dan harus dibayar dulu baru bisa dipasang baru. Ane tanya tunggakannya a/n siapa, setelah di infoin namanya, ane coba cek di sertifikat rumah kok ga ada a/n itu ya. Makin takut ane mau bayar takutnya tunggakan orang yg kita bayar, soalnya ga ada surat resminya dan cuma berdasarkan omongan dari si instalatir.
Besoknya ane langsung ke kantor PLN rayon Kota baru, dengan niat mau bayar tunggakan, siapa tau ga perlu bayar pasang baru,hehehe.
Di pintu masuk security seperti biasa melayani customer yang datang, dan ane memberitahu mau bayar tunggakan listrik, dia kemudian menanyakan no pelanggan, dan ane jawab tidak tau, apa bisa di cek dari alamat pak?
Security menjawab agak susah pak, tapi coba saya tanya ke dalam dulu. Tidak berapa lama security keluar dengan orang PLN, sepertinya sih teknisi soalnya bapak2 pake sepatu boot :). Dia pun membawa setumpuk kertas yang berisi daftar-daftar pelanggan yang menunggak. Setelah dicoba dicari-cari berdasarkan alamat ga ketemu juga. Si Bapak pun bingung, ane juga ikut bingung.
Eh ujung-ujungnya si bapak nawarin dia bisa bantu pasang baru tanpa bayar tunggakan, biaya sebesar 1,8jt. Ane pun tanya itu sudah termasuk biaya SLO pak?. Oh Belum SLO bisa diurus sendiri. Ini mah calo setengah-setengah, hehehehe...Karena ga enak ane pun pura-pura tanya no hp buat pengurusannya nanti. Sampe sekarang itu no ga pernah ane telp,hehehehe....
Berbekal kertas yang diberikan security buat pemasangan baru, ane pun nekat mengurus sendiri Pasang Baru. Ini nih kertasnya...
Registrasi via website http://www.pln.co.id/pbpd/
Isi data selengkaaappp mungkin. Untuk cari koordinat rumah yang mau dipasang, bisa pakai aplikasi android untuk melihat koordinat GPS.
Setelah dapat konfirmasi by email, tinggal bayar aja di kantor pos.
Terus bawa bukti pelunasanya dan berkas-berkas yang lain ke kantor PLN dan langsung bilang ke securitynya mau pasang baru, sudah bayar dan tinggal ngasih berkas,hehehe....
Buat pengurusan SLO bisa ke kantor KONSUIL di daerah masing-masing. Berikut daftar alamat kantornya di tiap daerah.
http://www.konsuil.or.id/index.php/2015-08-10-23-05-56/daftar-alamat-konsuil
Biaya SLO bisa dilihat disini ya, ane bayar 85.000 buat daya 1300.
http://slo.djk.esdm.go.id/biayaslo.php
Jadi biaya pemasangan baru PLN ane kurang lebih 1,3 jt. Sekarang sih meterannya belum terpasang karena menunggu pihak PLN survey dulu. Ya gpp lah yang penting berkas sudah masuk, tinggal follow up di 123.
Akan ane update lagi...
Hey, Wow all the posts are very informative for the people who visit this site. Good work! We also have a Website. Please feel free to visit our site. Thank you for sharing.
ReplyDeleteBe Your Own Boss! If you're looking for a change in your work prospects, then let's prepare for your career from here!!!
Self Employment | Women Development | Information Technology | Engineering Courses